10 Cara Memotret Dengan Smartphone Terbaru

"Kamu Senang Foto" Inilah 10 Cara Memotret Dengan Smartphone Terbaru 

Cara Memotret Dengan Smartphone Terbaru

Cara memotret dengan smartphone , Smartphone adalah telepon genggam pintar yang sangat canggih dan hampir semua orang menggunakannya , kalangan muda smapai sudah dewasa pasti memiliki smartphone. Smartphone dari perkemangan teknologi yang semakin pesat smartphone kini bisa digunakan untuk memotret. Kamera samrtphone kini semakin canggih dan semakin bagus pula kualitas yang dimiliki dari sebuah semarthone yang mempunyai sepek yang gahar.

Smartphone photography kini jadi hal yang tidak aneh dan tidak wah seperti dulu , dulu dengan alat yang segitu gitunya dan seadanya bisa menghasilkan karya yang bagus , jadi tidak heran untuk sekarang samartphone photography sekarang tambah ngetren dan mempunyi karya yang tidak kalah dari DSLR. Dengan Menggunakan Smartphone yang canggih dan mempunyai spek yang gahar , Bisanya smartphone yang suka digunakan untuk smartphone photograpy kameranya 13MP (menga pixcel) .dan inilah cara memotret dengan semartphone terbaru dari guanawaneuy : CEKIDOT!

Cara Memotret Dengan Smartphone Terbaru

Smartphone Photography 

1. Hindari Penggunaan Fitur Zoom

Tips pertama dalam cara memotret dengan kamera smartphone ini harus anda perhatikan, karena untuk mendapatkan hasil bidikan foto via smartphone, sangat disarankan untuk selalu menghindari fitur yang bernama zoom camera. Bukan tanpa alasan mengingat secara umum Zoom justru akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan sehingga justru akan membuat foto menjadi tidak tajam.

2. Pastikan Objek Terkena Cahaya yang Mencukupi

Selain itu dalam cara memotret dengan kamera samartphone ini, yakinkan bahwa objek sudah terkena cahaya yang mencukupi, tidak terlalu terang namun juga tak terlalu gelap. Usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi. Biasanya, dengan menggunakan kamera smartphone ini, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Maka dari itu, untuk mencukupi cahaya pada sektor indoor, gunakan flash saat memotret indoor. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter, jadi jangan berharap kita bisa menerangi seisi ruangan dengan flash.

3. Usahakan Posisi Smartphone Sestabil Mungkin

Sama seperti kamera pada umumnya, untuk mendapatkan hasil potret foto yang maksimal dan tajam maka usahakan memegang smartphone secara stabil. Cara memotret dengan kamera samartphone ini dilakukan untuk mengurangi gerakan kecil ketika memotret. Selain itu, untuk menjaga kestabilan sobat bisa menyenderkan punggung pada tembok atau dinding. Bahkan, bila perlu saat memotret, tahan nafas sesekali agar gerakan tubuh saat bernafas tak mengganggu fokus kamera smartphone.

4. Berikan Efek Filter yang Pas dan Sesuai Komposisi

Memang, filterisasi pada foto justru seringkali hasilnya kurang bagus namun jika hal ini dilakukan secara berlebihan. Akan tetapi, kawan-kawan hanya perlu memberikan efek filter sesuai porsinya dan ditujukan hanya untuk memperkuat kesan foto, bukan hanya sekedar untuk menghiasnya. Maka dari itu, filter foto itu perlu hanya jika memang dibutuhkan dan sesuai kebutuhan saja.

5. Hindari Penggunaan App Foto Edit

Cara memotret dengan kamera smartphone ini sebenarnya tidak melarang, namun dalam hal ini disarankan menggunakan pemotretan bawaan semartphone saja. Pasalnya, tak jarang justru app edit foto memberikan hasil yang kurang natural. Namun, bagi teman-teman yang menyukai gaya foto ekpresionis maka app edit foto pun bisa dijadikan sebagai media untuk mendapatkan hasil foto yang terkesan lebih kuat.

6. Gunakan Monopod atau Tripod

Foto yang baik adalah foto yang tajam dan fokus. Lantas, bagaimana caranya mendapat foto tajam? Salah satunya adalah dengan menggunakan penyangga seperti Monopod atau Tripod. Dengan begitu, hasil foto setidaknya tidak shaking atau blurry.

7. Perhatikan Cahaya di Sekitar Objek Foto

Ini adalah faktor yang tidak kalah penting. Komposisi cahaya yang baik akan menghasilkan gambar yang baik pula. Jika cahaya di sekitar objek kurang, hasilnya foto terlihat berbintik dan pecah. Sebaliknya, jika terlalu banyak cahaya, hasilnya akan over-exposured.

8. Gunakan Rule of Third

Fitur ini biasanya berupa grid yang ada di tiap kamera smartphone. Tujuannya agar pengguna bisa menyesuaikan titik horizontal dan vertikal, serta menentukan titik menarik objek foto.

Modus HDR
9. Gunakan Modus HDR

Untuk mendapat foto lebih tajam, pengguna bisa mengaktifkan modus High Dynamic Range (HDR). HDR menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas. Namun ukuran file foto HDR relatif lebih besar dibanding ukuran file foto biasa.

10. Gunakan Filter

Setiap foto pasti menceritakan kesan berbeda. Gunakanlah filter yang ada untuk mempertajam kesan itu. Misalnya untuk memberi kesan kalem, gunakan filter kebiruan. Sementara untuk memberi kesan elegan, gunakan filter kecoklatan.

Semoga bermanfaat cara memotret dengan smartphone , smartphone photography memang sangat diminati karena dengan bermodalkan smartphone kita bisa berkarya dan menikmati karya  dari sebuah lensa smartphone  , Jangan kemana mana dan ikuti blognya guanawan jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah ini . 

0 Response to "10 Cara Memotret Dengan Smartphone Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel